Bangunkanlah Naga itu dalam Dirimu !!



Saat aku masih kecil, seingatku saat itu masi duduk di Bangku Sekolah Dasar mungkin Hingga SMP. Aku selalu berbicara dengan diri aku sendiri dan membayangkan ada sebuah sosok dalam diriku. Sosok itu adalah individu yang aku anggap memiliki kekuatan besar. Banyak hal-hal yang tidak bisa aku kerjakan tapi dia bisa. Aku beranggapan kadang sosok itu terkadang mampu bangkit dan kemudian mengambil kesadaran ku untuk mengerjakan sesuat yang tidak mungkin aku kerjakan.

Semakin aku beranjak dewasa, sedikit-demi sedikit aku mulai melupakan sosok tersebut. Tapi meskipun begitu ingatan aku terhadap sosok itu terkadang sering muncul. Bahkan hingga sekarang, saat aku akan menjadai seorang ayah (Saat ini usia kandungan anak ku sekitar 36 Minggu).

Kemudian hingga suatu saat aku membaca sebuah buku berjudul “Self Drifing : Menjadi Driver atau Passenger ?” Tulisan Rhenal Kasali. Di salah satu sub judulnya beliau bercerita tentang “Kekuatan Dari Dalam”. Sub judul tersebut bercerita hampir percis dengan apa yang aku alami. Bahwa seorang individu ternyata memiliki kekuatan yang tidak pernah  kita duga yang berada di dalam diri kita. Rhenal kasali menyebutnya sebagai Reservior yang amat besar. Reservoir ini terkunci didalam diri setiap manusia.

Tidak ada yang dapat membuka kunci pintu agar reservior ini dapat keluar kecuali diri kita sendiri. Namun  bila seandainya pintu tersebut dapat dibuka maka kita akan mengeluarkan sebuah energi berupa tenaga dalam. Energi ini adalah energi besar untuk membunuh rasa malas, kebiasaan menunda-nunda, godaan-godaan dan semua kebiasaan buruk. Kalau dalam liric lagu Sisir Tanah berjudul Lagu Baik ada yag di sebut dengan “semangat baik” yang membuat keberanian terus hidup dalam diri kita dan berusaha membunuh kecemasan dan ketakutan.

Menurut Rheinal Kasali beberapa ahli menyebut tenaga dalam ini sebagai “Will Power”, kekuatan yang membuat kita dapat memngambil tindakan sampai selesai.  Kalau aku menyebutnya sebagai Naga, ya Naga berkekutan besar yang ada pada diriku, dirimu diri kita dan diri semua manusia.Naga bersisik yang lebih kuat dari baja, berotot besar, memiliki tanduk dan sayap serta bernafas api. Sekali mengepakan sayap dia mampu terbang ribuan mil jauhnya lebih cepat dari pesawat Concorde.

Mungkin diantara kita Naga-naga tersebut masih tertidur lelap. Kita butuh energi dan usaha untuk membangunkan Naga tersebut. Setidaknya  langkah pertama adalah sadari kalau Naga itu ada dalam diri kita agar mereka merasa berguna. Lalu? Bangunkanlah Naga itu dalam Dirimu !!

Atau kalian memiliki sosok lain dengan sebutan atau penggambaran berbeda ? silakan share di kolom komentar :)

Komentar