BARU ILIR, Balikpapan : Sebuah gambaran Umum


Peta Kelurahan Baru Ilir (sumber: Google map)


Kelurahan Baru Ilir merupakan kelurahan yang berada pada posisi ring I dari Pertamina TBBM Kota Balikpapan. Lokasinya berada disebelah Utara dari lokasi TBBM. Jarak yang ditempuh menuju perbatasan kelurahan tersebut kurang dari lima menit. Namun apabila menuju kantor Kelurahan jarak yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Secara administratif kelurahan ini termasuk ke dalam wilayah kecamatan Balikpapan Barat. Luas wilayah Keluruhan Baru Ilir secara keseluruhan adalah 103 ha. Penggunaan lahan di kelurahan baru ilir ini sebesar 71,9 ha digunakan sebagai pemukiman dan sebesar 8 ha digunakan untuk lahan umum seperti makam, mesjid dan jalan. Sisanya digunakan sebagai lahan usaha, tanah milik TNI, dan milik Pertamina.


Grafik1.  Penggunaan lahan Baru Ilir
Kelurahan Baru Ilir memiliki lokasi yang sangat strategis karen berdekatan dengan kelurahan tersebut terdapat pasar INPRES Kebun Sayur sebagai pusat perbelanjaan wisatawan mancanegara atau domestik yang berniat mencari oleh-oleh atau bahkan batu akik khas Kalimantan Timur. Jarak dengan kantor kecamatan sendiri relatif dekat karena lokasi kantor kecamatan berada di wilayah Kelurahan baru Ilir. Sedangkan jarak menuju pemerintahan kota dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit dengan kendaraan bermotor. Di kawasan Keluraha karang joang terdapat lapangan Foni. Lapangan ini merupakan salah satu lahan terbuka umum pilik pemkot yang sering digunakan untuk berolahraga. Lapangan ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Di lapangan ini pernah terjadi peristiwa sejarah, dimana para pekerja kilang minyak dan warga Balikpapan pernah berkumpul dalam rapat akbar untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Namun sekarang lapangan tersebut sedang direnovasi oleh pemerintahan kota sehingga belum dapat difungsikan. Disekeliling lapangan tersebut dimanfaatkan oleh para pedagang sebagai lokasi tempat berjualan. Sebagaian besar pedagang yang berjualan disekeliling lapangan adalah penjual makanan seperti ayam bakar, ayam lalapan, sate dan ada juga yang berjualan barang kebutusahan sehari ibu rumah tangga seperti barang pecah belah. Karena Kelurahan Baru Ilir ini terletak dikawasan kota maka Kelurahan ini berbatasan langsung dengan Kelurahan lain yang hanya dispisahkan dengangan jalan,gang atau patok. Adapun perbatasan Kelurahan Baru Ilir adalah sebagai berikut :

Sebelah Utara
Kelurahan Margomulyo, Kelurahan Baru Tengah
Sebelah Timur
Kelurahan Muara Rapak
Sebelah Selatan
Kelurahan Marga Sari, Kelurahan Karang Jati
Sebelah Barat
Kelurahan Marga sari, Kelurahan Baru Tengah
Tabel1.  Batas Wilayah Baru Ilir
Secara umum wilayah  Kelurahan Baru Ilir ini termasuk pada kawasan perkotaan. Selain itu bila dilihat dari penggunaan lahan, kelurahan Baru Ilir ini merupakan kelurahan yang padat pemukiman. Keluraha Baru Ilir ini terdiri dari 63 RT yang setiap wilayahnya dibatasi oleh gang. Rumah-rumah berdekatan dalam satu Rt hanya dipisahkan oleh gang sempit yang hanya dapat dilalui oleh sepeda motor. Meskipun begitu seluruh jalan di Kelurahan ini sudah mengalami penyemenan atau pengaspalan. Terlihat sepanjang jalan yang dapat dilalui kendaraan roda empat pasti ditemukan warung-warung, toko atau kios kecil. Mereka menjual setiap kebutuhan warga di Baru Ilir atau orang-orang yang tidak sengaja lewat. Terdapat banyak toko kelontong, warung makan khas jawa, loundry hingga penjual voucher pulsa.
 Pagi hari hingga malam sekitar pukul 09.00 terdapat banyak orang yang berlalu lalang, baik hanya dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Namun ketika siang hari banyak rumah yang relatif sepi karena penghuni rumah pergi bekerja, ada yang bekerja dipasar untuk berjualan atau bekerja jadi karyawan. Waktu yang tepat mengunjungi warga di Kelurahan baru ilir adalah sore menjelang malam.
Terjadi ketimpangan keadaan lingkungan di kelurahan baru ilir ini. Ada kampung yang sudah mengelola sampah dengan baik, artinya sedikit sekali sampah yang ditemukan di jalanan gang. Adapula kampung yang pengolaan sampahnya masih kurang baik, banyak sampah yang berserakan. Meskipun begitu di setiap titik ditemukan TPS serta setiap pagi terdapat petugas sampah yang selalu sigap membersihkan jalanan utama di Kota Balikpapan termasuk di Kelurahan Baru Ilir.
Setiap kampung dikelurahan baru ilir disambungkan oleh jalanan beraspal atau semen, ada jalan yang hanya ukurannnya cukup sepeda motor. Adapula jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Wilayah di kawasan Baru Ilir sepenuhnya dapat diakses dengan menggunakan kendaraan. Kantor Kelurahan memang terletak di pinggir Jalan Letjen Supratpo sehingga mudah diakses dengan menggunakan kendaraan umum seperti mobil angkotan kota sekalipun. Namun apabila ingin masuk kedalam kampung harus berjalan kaki atau naik ojek untuk kendaraan umumnya. 
Demografi dan Sosial Budaya
Sebagaian besar penduduk di Kelurahan Baru ilir merupakan pendatang yang telah lama tinggal dikawasan tersebut. Dapat dikatakan kalau masyarakat di Baru ilir merupakan masyarakat yang heterogen. Pendatang paling besar didominasi oleh pendatang dari Jawa. Masyarakat di Kelurahan Baru Ilir yang heterogen tadi, mengakibatkan mereka memiliki bahasa tutur sehari-hari yaitu bahas Indonesia. Bahas daerah akan digunakan ketika berbicara dalam lingkungan keluarga atau bertemu dengan orang yang berasal dari tdaerah yang sama.
Keberadaan tambang dan pengolahan minyak bumi di daerah Balikpapan menjadi daya penarik bagi orang-orang sehingga mereka memilih tinggal di Kota Balikpapan. Dengan adanya industri minyak perekonomian di Kota ini bergerak dengan cepat. Kondisi tersebut mempengaruhi pola mata pencaharian masyarakat di Kota Balikpapan umumnya dan masyarakat di Kelurahan Baru Ilir secara Khususnya. Mata penaharian masyarakat di Kelurahan Baru Ilir ini di dominasi pada sektor perdagangan dan jasa.


 Grafik 2.  Mata Pencaharian Penduduk Kelurahan Baru Ilir

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Kelurahan Baru ilir memiliki 63 jumlah Rukun Tetangga. Rukun tetangga yang memiliki jumlah penduduk paling besar adalah Rt 50 yakni terdiri dari 453 jiwa dari 170 Kepala keluarga. Komposisi antara penduduk laki-laki dan perempuan berbeda tipis yakni 236 jiwa penduduk laki-laki dan 217 jiwa jumlah penduduk perempuan. Sedangkan secara umum jumlah seluruh penduduk Kelurahan Baru Ilir adalah 15428 jiwa yang terdiri dari 5783 kepala keluarga. Jumlah penduduk laki-laki sekitar 7957 jiwa sedangkan jumlah penduduk perempuan adalah 7471 Jiwa.

 Grafik 3. Perbandingan Jumlah Penduduk (sumber: profil Kelurahan Baru ilir)

Dari segi kesejahteraan warga baru ilir memiliki tingkat yang berbeda-beda. Masih terdapat banyak keluarga miskin di Kelurahan Baru Ilir, yaitu sekitar 139 keluarga yang termasuk kedalam keluarga miskin atau prasejahtera. Setiap keluarga miskin akan diberi tanda yaitu berupa stiker yang ditempelkan diluar rumah mereka. Pemerintahan Kelurahan mendefinisikan keluarga miskin sebagai keluarga yang tidak memiliki pekerjaan, kalupun memiliki pekerjaan mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan primer sehari-hari. Namun di Kelurahan Baru Ilir sendiri sebagian besar masyarakanya ada pada tingkat Sejahtera 1[1] yaitu sebanyak 1874 kepala keluarga. 

 Grafik 4. Tingkat kesejahteraan Keluarga Baru Ilir (sumber: profil Kelurahan Baru ilir)

Lokasi Kelurahan Baru Ilir yang berada di perkotaan membuat segala fasilitas umum telah tersedia. Seluruh rumah di Kelurahan ini telah diterangi oleh listrik dari PLN. Sarana transportasi telah didukung dengan keberadaan jalan yang relatif baik, meskipun tidak semua kendaraan bisa masuk kewilayah pemukiman karena ukuran jalan hanya dapat dilalui oleh sepeda motor. Fasilitas kesehatan di kelurahan ini cukup lengkap, terdapat 1 buah puskesmas, 2 Apotik, 3 Rumah sakit bersalin dan 32 Posyandu. Prasarana yang sedikit menjadi permasalahan di Kelurahan Baru Ilir adalah ketersediaan air bersih. Sumber utama air warga adalah dari PDAM dan sedikit yang memiliki sumur bor. Namun diantara mereka masih ada yang mengambil dari tempat penampungan air karena kurang tersedia air bersih. Sekitar 3.521 keluarga mengambil air dari hidran umum atau penampunagn umum. Penampungan umum merupakan air yang bersumber dari sumur bor yang dibangun pemerintah atau yang mengambil dari pipa penyaluran air milik Pertamina. Air yang diambil dari Hidran umum tak selamnya dapat langsung digunakan. Warga terlebih dahulu menyimpan di ember kemudian diberikan tawas. Air kemudian harus diendapkan selama satu malam.

Grafik 5. Sumber Air di Kelurahan Karang Joang


[1] Keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan dasar secara minimal (sesuai kebutuhan pada keluarga prasejahtera). Tapi belum dapat memenuhi seluruh : kebutuhan sosial psikologis keluarga seperti pendidikan, KB, interaksi sosial dan lingkungan (sumber=Dinsos)

Komentar